Tips Mendaftarkan Nama Domain

Labels: ,
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Sebuah nama domain yang baik akan mencerminkan identitas dari pemilik website ataupun pemilik bisnis online kamu. Nama domain adalah hal yang pertama yang pasti akan terlintas di pikiranmu. Beberapa Tips Mendaftarkan Nama Domain yang dipertimbangkan saat mendaftarkan nama domain, seperti panjang kata dan juga nama domain (.com, .biz, .net dll). Pemilihan nama yang tepat akan membuat usaha bisnis online kamu jauh lebih terpusat dan maju.

Tips Mendaftarkan Nama Domain


Pikirkan Nama dan Ekstensi

Cek terlebih dahulu nama domain anda, cukup anda masukan saja di address bar di browser misal: hdwijaya.com. Top Level Domain (TLD) yang paling sering digunakan adalah “.com”, karena nama domain itu sudah digunakan cobalah untuk mengganti TLD seperti: hdwijaya.net, hdwijaya.org dll.
Pilihlah penyedia jasa domain (registrar). Ada ratusan penyedia jasa yang telah disahkan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) untuk menjual nama domain. Kamu bisa menggunakan google untuk mencarinya dengan menyisipkan keyword “daftar domain”. Pilihlah registrar yang sudah terakreditasi oleh ICANN. Harga dari registrar berbeda-beda, seperti web hosting, pilihlah dengan matang, jangan sampai mereka mengecewakanmu kawan.

Panjang Nama Domain

Hal yang sangat dianggap sepele adalah seberapa panjang nama domain yang akan kita daftarkan. Dulu saya punya blog dengan nama domain hadiiwijaya.blogspot.com, itu membuat risih, dan susah diingat karena selain panjang, ada beberapa huruf yang terlihat ganda. Dengan nama domain yang terlalu panjang, sulit bagi Kamu untuk mempromosikan blog. Misal Kamu ingin mempromosikan di twitter, terbatas untuk kita membuat kalimat yang agak panjang, di tambah sisa kata yang sudah dipakai untuk nama domain + nama artikelnya.
Jika Kamu memeriksa peringkat website di Alexa.com, bisa terlihat 10 teratas semuanya menggunakan kata yang pendek, seperti google.com, bing.com, facebook.com, baidu.com dll. Buatlah sependek mungkin nama domain mu akan mudah diingat oleh orang lain.

Cek Profile & Privasi Blog

Setiap nama domain memiliki nama, alamat, nomor telepon dan alamat email yang terkait dengan itu. Ini disebut data “WHOIS”, dan semua data harus benar. Jika Kamu mendaftarkan nama domain sebagai personal blog dan bukan untuk sebuah bisnis, pertimbangkan untuk menggunakan nama domain registrar yang menawarkan perlindungan privasi. Ini pengganti alamat registrar dan nomor telepon untuk Kamu sendiri, yang dapat membantu Kamu menghindari mail yang tidak diminta (spam) dan panggilan lainnya.

Trademark Infringement/ Merek

Hindari mendaftarkan nama domain yang dapat melanggar hak kekayaan intelektual perusahaan lain. Sesuai dengan ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) Uniform Domain Name Dispute Resolution Policy. Jika ini terjadi bisa saja orang lain atau perusahaan lain yang merasa terganggu dan dirugikan melaporkan hal ini dan pada akhirnya menyebabkan Kamu kehilangan nama domain.
Sekian beberapa tips yang harus diperhatikan dalam mendaftarkan nama domain Kamu, Semoga bisa membantu ya !







Baca Artikel Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik......